Hubungi kami

Wednesday, November 25, 2015

Wisata Budaya di Jogja



Menikmati Keindahan Budaya Jawa di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Kebudayaan Jawa tradisional sangat melekat dalam diri kota Jogja. Berbagai situs dan bangunan kebudayaan bisa dengan mudah ditemui di kota Gudeg ini. Banyaknya objek wisata budaya di Jogja menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para wisatawan. Selain menelusuri berbagai macam bangunan megah nan menarik, wisatawan juga bisa menambah wawasan tentang kebudayaan lokal Jogja.
Jogja bisa dibilang sebagai sentral atau pusat kebudayaan ras Jawa. Berbagai macam adat istiadat asli Jawa dapat ditemui di daerah ini. Ini masih ditambah dengan fakta bahwa Jogja masih menjunjung tinggi sejarah kerajaan Mataram, yang sampai saat ini masih diteruskan.
Banyak pilihan tempat wisata budaya di Jogja yang bisa kita datangi. Wisata budaya menjadi salah satu alternatif wisata jika kita bosan dengan wisata alam atau wisata lainnya saat berkunjung ke Jogja. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa objek wisata budaya asli Jogja saat berkesempatan datang ke kota pelajar ini.

Menjelajahi Keraton Ngayogyakarta
Jika ingin mempelajari kebudayaan asli Jogja, maka tempat yang sangat cocok untuk dituju adalah Keraton. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tempat Sultan Jogja menjalankan tugasnya sebagai raja Jogja. Selain itu, di tempat yang letaknya tidak jauh dari Malioboro ini, kita bisa melihat berbagai benda dan pusaka koleksi Keraton.
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini diapit oleh dua alun-alun, yaitu alun-alun lor (utara) dan alun-alun kidul (selatan). Kedua alun-alun ini mempunyai fungsi yang berbeda. Alun-alun lor yang berada di bagian utara Keraton difungsikan sebagai pintu gerbang atau pintu masuk. Sedangkan alun-alun kidul difungsikan sebagai tempat latihan prajurit dan abdi dalem. Sekarang kedua alun-alun tersebut difungsikan sebagai objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. 

Situs, Seni dan Sejarah Budaya di Keraton
Di area keraton sendiri ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang kerap dikunjungi para wisatawan adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan tempat peristirahatan keluarga Sultan yang bentuknya menyerupai taman. Disini kita bisa menemui situs-situs peninggalan sejarah salah satunya adalah kolam pemandian.
Selain itu kita bisa melihat berbagai macam benda bersejarah yang dipunyai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Benda-benda ini dipamerkan di salah satu ruangan khusus yang bisa dilihat oleh para wisatawan yang datang. Benda-benda bersejarah tersebut diantaranya, keris pusaka, kereta kuda, hingga gamelan.
Di hari-hari tertentu, kita bisa menikmati sajian tari-tarian hingga alunan musik gamelan Jawa di panggung budaya yang ada di Keraton ini. Hal ini khusus disajikan oleh pihak Keraton untuk menghibur para wisatawan yang datang. Banyak pula acara-acara khusus yang kerap dilaksanakan di area Keraton yang berada di pusat kota Jogja ini.Seperti sekaten dan grebeg yang diadakan setiap setahun sekali yaitu pada bulan maulud.Biasanya pada setiap acara grebeg masyarakat akan datang (tumpleg bleg ..) memenuhi alun-alun utara untuk ngalap berkah dari gunungan yang berisikan aneka makanan dan buah-buahan yang disediakan oleh pihak keraton.
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tempat yang paling tepat untuk wisata budaya di Jogja. Berbagai bangunan, peninggalan, hingga sajian kesenian khas Jogja bisa kita temui di tempat ini. Oleh karena itu, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi destinasi wajib ketika berkunjung ke kota Jogja.serasa belum lengkap saat berwisata ke Jogja kalau belum mengunjungi Keraton karena letaknya yang berdekatan dengan tempat wisata belanja yang sangat terkenal yaitu Malioboro.
                                    Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

No comments:

Post a Comment