Hubungi kami

Monday, September 14, 2015

Kuliner Khas Jogja


Mengenal Kuliner Khas Jogja

Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Beragam objek wisata bisa ditemukan di kota yang terkenal dengan sebutan kota Pelajar ini. Salah satu hal yang bisa kita jelajahi di Jogja adalah kekayaan kuliner. Banyak pilihan  kuliner khas Jogja yang bisa kita cicipi kelezatannya.
Berbagai macam makanan dan jajanan di Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi ditambah dengan suasana kebudayaan yang masih sangat terasa di beberapa penjuru kota Jogja. Menyantap hidangan khas kota Pelajar ini sudah menjadi suatu keharusan ketika Anda berkesempatan berkunjung kota ini.
Berikut ini beberapa kuliner khas Jogja favorit yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Jogja.
1. Gudeg
Berbicara kuliner Jogja tentu tak lengkap jika tak menyebut nama Gudeg. Bahkan Gudeg sudah menjadi sebutan untuk kota Jogja itu sendiri, kota Gudeg. Hidangan ini terbuat dari bahan nagka yang masih muda atau biasa disebut dengan Tewel. Gudeg cenderung mempunyai rasa yang manis, namun sekarang sudah banyak variasi rasa, dari manis, gurih hingga pedas. Jika ingin menyantap langsung di tempat, Gudeg basah sangat direkomendasikan. Sedangkan untuk oleh-oleh, Anda bisa memilih Gudeg kering.
Gudeg biasa disajikan dengan nasi dan aneka ragam lauk pauk. Lauk pauk yang dihidangkan bersama Gudeg juga sangat bervariasi, mulai dari tempe/tahu bacem, telur bacem, suwiran ayam, gulai ayam, sambel krecek, hingga daging sapi. Gudeg memang sangat lezat disantap dengan nasi panas dipadukan dengan lauk pauk dan juga sambal.


Gudeg
                                                                       
2. Oseng-oseng Mercon
Satu lagi kuliner khas Jogja yang cukup unik dan otentik, yaitu oseng-oseng mercon. Dinamai mercon karena tingkat kepedasannya sangat tinggi. Bagi Anda yang sangat menyukai kuliner pedas, oseng-oseng mercon ini wajib Anda cicipi. Bahan yang dioseng dari masakan ini adalah daging sapi beserta lemak atau gajih. Dioseng dengan campuran bumbu dan juga puluhan hingga ratusan cabe rawit yang siap menggoyang lidah Anda.
Perbandingan daging dan cabe yang dimasak pun bisanya sudah ditakar. Untuk satu porsi oseng-oseng mercon, cabe yang digunakan biasanya terdiri dari 50 hingga 100 butir cabe rawit merah. Sensasi pedas yang luar biasa akan siap menggoyang lidah Anda.

Oseng - oseng Mercon
                                                          

3. Bakmi Jawa
Olahan kuliner khas Jogja lainnya yang wajib Anda coba adalah bakmi Jawa. Di tiap daerah mungkin kita sudah mengenal makanan bakmi Jawa yang dijual di pinggir jalan. Bakmi Jawa terkenal dengan kuah kental dan rasa yang sangat gurih. Hidangan ini bisa kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Campuran mie, sayuran, bumbu, dan juga suwiran ayam dari bakmi Jawa menjadi kuliner favorit para wisatawan, terutama wisatawan dari luar pulau Jawa.
Itu tadi beberapa kuliner khas dan otentik dari Jogja yang bisa Anda cicipi. Jangan ragu untuk berwisata kuliner khas Jogja, karena banyak hidangan yang lezat untuk disantap. Kekayaan kuliner Jogja ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bakmi Jawa
                                                                   


Dan  tentunya masih banyak lagi kuliner khas jogja yang menarik yang belum diahas dalam artikel kali ini.
                                                                  

                                                           

No comments:

Post a Comment