Hubungi kami

Monday, January 25, 2016

Gudeg Jogja


Gudeg Paling Enak di Kota Jogja

Tiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing, tak terkecuali Jogja. Sebagian orang Indonesia tentu sudah tahu bahwa makanan khas Jogja adalah Gudeg. Makanan yang terbuat dari olahan nangka muda atau tewel ini memang sudah dari dulu identik dengan kota Jogja. Bahkan Gudeg sendiri dijadikan sebagai julukan kota Jogja.
Jika sudah menginjakkan kaki di kota Jogja, jangan sampai tidak mencoba kelezatan kuliner tradisional ini. Di Jogja sendiri warung makan hingga restoran yang menyediakan menu Gudeg jumlahnya ratusan, bahkan ribuan. Namun, ada beberapa penjual Gudeg yang mendapatkan tempat tersendiri di hati para wisatawan dan warga sekitar, karena kelezatan Gudeg olahannya.
Berikut ini beberapa warung makan yang menyediakan menu Gudeg paling enak di sekitaran kota Jogja yang bisa Anda kunjungi.
1. Gudeg Yu Djum
Berbicara mengenai Gudeg paling enak, nama Yu Djum selalu muncul di daftar teratas. Tak berlebihan memang, Gudeg Yu Djum sudah melegenda dan menjadi favorit. Warung yang berada di jalan kaliurang ini selalu disesaki oleh para pembeli. Tak hanya dari warga Jogja sendiri, pelanggan Gudeg Yu Djum juga berasal dari kota-kota lainnya di Indonesia. Menu Gudeg kering dengan pilihan lauk pindang telur, ayam, tempe tahu bacem, sambel krecek, hingga empal menjadi andalan warung ini. Dan yang paling special adalah Gudeg Kendil, yaitu Gudeg porsi jumbo yang ditaruh dalam kendil atau kendi raksasa yang biasa dijadikan oleh-oleh.
2. Gudeg Bu Tjitro
Olahan Gudeg Bu Tjitro yang terletak di jalan Janti ini juga tak kalah lezat. Warung spesialis Gudeg ini usudah berdiri sejak tahun 1920-an. Jadi, untuk masalah rasa, tidak usah diragukan lagi. Seporsi Gudeg disini disajikan bersama sayur kates (daun papaya), sambel goreng krecek dan tempe bacem. Pelanggan juga bisa memilih lauk pauk tambahan seperti ayam suwir, telur pindang/bacem, atau opor ayam. Tempat yang luas dan nyaman menjadi nilai plus untuk warung Gudeg ini.

3. Gudeg Permata
Selanjutnya ada warung Gudeg Permata Bu Pujo yang berada di jalan Gajah Mada, Jogja. Konsep warung ini adalah lesehan, jadi para pelanggan bisa menikmati hidangan yang disajikan sambil bersila atau selonjoran di tikar atau karpet yang disediakan. Gudeg ini sendiri berada tidak jauh dari bekas bioskop Permata kota Jogja. Hal itulah yang membuat Gudeg Bu Pujo ini kerap dijuluki Gudeg Permata. Bagi Anda yang lebih menyukai Gudeg basah, warung Gudeg Permata ini sangat direkomendasikan. Kelezatan Gudeg basah masih ditambah dengan aneka lauk pauk seperti sambel krecek, kepala ayam, ceker, opor, dan tahu tempe goreng yang bisa dipilih para pelanggan.
Itu tadi beberapa warung Gudeg terenak di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Kelezetan dari Gudeg Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Oleh karena itu, jika berada di Jogja, wajib hukumnya mencicipi Gudeg.

No comments:

Post a Comment